Wenas1032 speaks


Diklat Teknis Administrasi Kejaksaan (TAK) 2009

Selasa, 17 Maret 2009: niatnya sih cuma daftar ulang, naruh tas di pusdiklat ragunan, tapi apa daya, ternyata harus langsung mengikuti persiapan gladi upacara pembukaan diklat, pembagian kelas dan sedikit latihan baris berbaris. Rambut harus dipotong 0,1 cm…pufff….pengeluaran pertama, 12.000 rupiah.

Rabu, 18 Maret 2009: hari pertama diklat, bertemu dengan banyak sekali teman-teman baru, 590an orang. Pembukaan diklat, banyak yang pingsan…puff….kasian juga sih, barusan datang dari seluruh penjuru tanah air, masih cape dan harus segera beradaptasi. Tapi ya begitulah, calon2 penerus bangsa harus kuat dan tahan mental.

Rabu-Sabtu, 18-21 Maret 2009: latihan baris berbaris (PBB); dari jalan bagong, suara serak, barisan ular, muka gosong dan kulit telinga mengelupas….wew… itulah inti PBB yang kudapat: disiplin, kompak, satu perintah, saling menghargai.

Sabtu, 21 Maret 2009: lomba PBB. Wedew…barisan masih kayak ular kok dilombain. Pleton yang harusnya maksimal 33 orang diisi 49 orang. Tapi ya apa boleh buat. The show must go on. Eh lha dalah, kebetulan ujan deres. Sangat kontras dengan 4 hari sebelumnya yang begitu menyengat. Alhasil lokasi lomba dipindah ke lapangan tenis indoor. Lumayan, ga terlalu panas jadi ga dehidrasi. Dah gitu karena ruangan lebih kecil, instruksi danton jadi lebih kedengeran. Tapi ya tetep aja pletat pletot hahaha… (maap ya pak paskas)

Minggu, 22 Maret 2009: dapat kesempatan ke gereja. Dimanfaatkan dong, pulangnya beli es kelapa muda. Wuih segarnya. Sorenya berenang dan main pingpong. Manfaatkan dong fasilitas di pusdiklat hehehe… (disana ada juga fitness center, lapangan tenis indoor, lapangan sepakbola dan lapangan volley -red; sayangnya fasilitas bermusik ria masih minim.

Senin-Jumat, 23-27 Maret 2009: Saatnya belajar di dalam kelas. Tupoksi kejaksaan, administrasi pidum, pidsus, datun, pembinaan, pengawasan dan intel semua dilahap. Tidak lupa juga PUDK, kode etik dan fungsi pengawasan. Olahraga jalan terus dong. Tapi cuma pingpong coz kolam renang semakin tidak memungkinkan dan hujan deras setiap hari bikin deg-degan kalau mau berenang. Tugas dokter masih jalan terus dong…apalagi tanggal 26 Maret 2009 hari Nyepi, jadi poliklinik ditutup. Ya sudah berdasarkan instruksi dr Dewi, persediaan obat dan tugas mengobati diserahkan ke 2 dokter baru yang masih (maaf; hijau… siapa sih? ya saya, dan teman saya dr Roy Bozemantoro :p)

Sabtu, 28 Maret 2009: Sepertinya kebosanan dan homesick sudah mencapai puncaknya. Otak, jiwa dan fisik harus direfresh dong. Jadinya dilakukan acara outbound di Taman Mini Ragunan dipandu oleh para instruktur dari TNI-AU. Menuruni tebing, penyeberangan basah, penyeberangan kering, meluncur, mengayun, flying fox, memanjat tali temali dan menyeberangi tali. Wuih….serasa seperti pecinta alam bener2…walo badan pegel2 tapi hati dan pikiran jadi fresh. Ternyata cewek2nya jago2 juga lho, di beberapa arena justru mereka lebih gesit dan lebih kuat. Nah lo…buat cowok2 yg dah punya pacar jangan mau kalo disuruh2 ceweknya wkwkwkwk….

Malamnya, api unggun deh. Walopun bukan hari terakhir, tapi tampaknya malam mingu adalah moment yang ideal untuk bergelap2an ditemani api unggun. Nah lo….pada ngapain hayo…!! Eits…jangan ngeres dulu. Kami ber 12 kelompok adu kekompakan dengan menampilan spontanitas (yang sebenernya sudah dilatih beberapa Bermacam-macam budaya dari Sabang-Merauke ditampilkan. Keren keren sekali. Termasuk TAK 14 juga dong tentunya. Walaupun waktu latihan selalu kacau, tapi waktu penampilan ga jelek2 amat’lah. (……pleton empat belas tidak pernah malas, pleton empat belas pleton yang berkelas…). Jelas’lah. Pleton 14 kan punya Aswad Obama, Mulan Dahlia, Iin Febrina, Leonard Letto, Muis Solo, Indra Simbolon, Haryo Bagong, Anggoro bodyguard dan sederet artis2 lainnya.

Oya sebelum spontanitas, diumumkan juara untuk lomba PBB dan outbound sekaligus pembagian hadiah. Lomba PBB dimenangkan TAK 13, TAK 24 dan TAK 15; sedangkan lomba outbound dimenangkan TAK 15; TAK 14 dan TAK 13. Lumayanlah walaupun cuma juara dua, tapi kami mendapat kenang-kenangan dari Kapten Heru, SH. Terima kasih Kap.

Minggu, 29 Maret 2009: kembali kami yang beragama kristen/katholik diberi kesempatan untuk ke gereja. Lumayan, bisa dimanfaatkan untuk melihat dunia luar. Siangnya TAK 14 berkumpul untuk berfoto memakai baju putih hitam.

Senin, 30 Maret 2009: Ceramah dari JAMBIN, Kapusdiklat dan Karopeg. Sebenarnya ceramah untuk membesarkan hati para siswa yang sebentar lagi akan menyelesaikan pelatihannya dan kemudian ditugaskan ke kejati/kejari/cabjari di seluruh Indonesia. Para siswa juga diberi kesempatan untuk mengeluarkan uneg-unegnya, kritik, saran, dan harapan-harapannya. Siangnya dilakukan lagi gladi kotor upacara penutupan diklat TAK.

Selasa, 31 Maret 2009: Pagi-pagi dilakukan gladi bersih upacara penutupan, dan karena dirasa sudah cukup baik kami diberi kesempatan untuk beristirahat sebentar, dan itu kami manfaatkan untuk berfoto2 lagi. Akhirnya upacara penutupan diklat TAK dilakukan, dan dilanjutkan dengan pembagian sertifikat dan surat penempatan. Kami semua lulus ber-595 walaupun di tengah jalan ada beberapa yang sakit.
Surat Penugasan dibagikan. Mulailah suasana sedih dan sendu menyelimuti pusdiklat. Ada yang sedih karena mendapat tempat tugas yang tidak disangka-sangka. Ada juga yang sedih karena sebentar lagi berpisah dengan sahabat-sahabat baru yang baru sebentar dikenalnya, tapi sudah begitu akrab karena digembleng bersama selama 2 minggu. But life must go on. Semangat ya teman-teman. Mumpung masih muda, taklukan seluruh wilayah Indonesia. Kenali dan jelajahilah. Semoga kita bertemu lagi 2 tahun mendatang dalam diklat PPPJ. Amin. Selamat mengemban tugas dan jaga kesehatan kalian


6 Comments so far
Leave a comment

Hmm, bang Yo dah mule aktip ni di Kejakgung.
Selamat ya, smoga jd abdi negara yang jujur, adil dan makmur😉 Amin..
Tolong ya, dipersiapkan cutimu utk akhir bulan Juni. Kutunggu kedatanganmu sodara.
Selamat dan SMANGAAAAAAAAAAAAAAATTT…..🙂

Comment by dinalfina

amin…. doakan ya my partner

Comment by wenas1032

gmn kabarnya dr. Yon, kabarnya mo merrid nieh? kapan bos bagi undangan nya lah ma anak2 TAK 14.. sekalian reunian bos.. sukses sllu.

Comment by karno

haha married sama siapa bung? belum ada capen (calon pendamping) nih… kalah kharisma sama pak karno sih wekekeke… kita reunian pas PPPJ dong :p

Comment by wenas1032

Infonya membantu Kak… penasaran apa aja kegiatan TAK
Terima Kasih, deg2annya berkurang walaupun sedikit

Comment by Ajenk

Ajenk ketrima CPNS 2009 ya? TAK itu banyak kegiatannya, antara lain baris berbaris 4 hari, senam pagi seminggu 2x, terus pemberian materi pengenalan tentang kejaksaan, antara lain struktur, tupoksi, cara registrasi surat di kejaksaan dll. Udah agak lupa sih, maklum udah hampir 1 thn. Tp yg jelas menyenangkan kok. Makan terjamin, 3x makan dan 2x snack. Dijamin tmbh makmur hehe…

Comment by wenas1032




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: