Wenas1032 speaks


Indonesia miskin data
February 19, 2009, 9:15 pm
Filed under: Uncategorized | Tags: ,

Masih berkaitan dengan postingan saya barusan tentang busway koridor iii…
Karena busway koridor iii beberapa mulai di-split, secara sengaja saya naik busway koridor 3 yang cuma sampai di indosiar. Memang sih saya jadi dua kali naik karena tujuan saya halte taman kota. Tetapi ini memberi saya pengalaman baru, yaitu berhenti di halte indosiar (hahaha bangga ya???). Di halte Indosiar itu ada running text (benar ga ya istilahnya??) pokoknya tulisan atau lampu yang jalan di layar monitor. Ya itulah pokoknya hehe…
Karena cukup lama menunggu bus, iseng2 saya baca tulisan itu. Ternyata bunyinya… kerugian sosial dan ekonomi akibat narkoba tahun 2004 diperkirakan sekitar 23 trilyun rupiah. Kira2 seperti itulah karena saya tidak hapal kata per kata. Yang cukup menggelitik saya adalah… DATA TAHUN 2004 MASIH DIPAKAI… Oh tidak… INI SUDAH TAHUN BERAPA BUNG??? udah gitu masih ada kata-kata “diperkirakan”. Lha terus apa penting dan seberapa validkah data ini? Bisa saja saya bilang “data tahun 1990 kerugian karena narkoba diperkirakan 100 juta rupiah”. Siapa yang akan mengecek? Ya itulah negara kita…sangat miskin data. Bahkan Biro Pusat Statistikpun tidak bisa diharapkan untuk mendapatkan data terbaru (sorry ya…) Kalau sekarang data terbaru saja tidak ada bagaimana kita membuat penelitian atau menyusun karya ilmiah? lihat saja skripsi-skripsi keluaran universitas. Tidak hanya mahasiswa S1…mahasiswa S2, S3 atau bahkan dosenpun masih sering mencantumkan daftar pustaka atau referensi yang sudah kadaluwarsa. Dan itupun terpaksa dicari di sumber yang populer seperti majalah, koran, ataupun sumber2 yang tidak jelas asal usulnya. SALAH SIAPA? salah mahasiswa? salah pemerintah? salah masyarakat? salah BPS? atau memang kita yang belum terbudaya untuk membuat tulisan, menyusun dan mengolah data? Lalu bagaimana kita menyusun kebijakan? Bagaimana kita menindaklanjuti sesuatu? Berdasarkan intuisi saja? Seberapa akuratkah intuisi? (Ya mbuh ya… jare gunawan)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

