Wenas1032 speaks


Lowongan CPNS Depkes 2009

Buat temen2 yang masih jobseeker, ada lowongan nih di depkes dan rumah sakit2 atau lembaga2 pemerintah di bidang kesehatan. Lumayan banyak lho formasinya, se-Indonesia lagi. Yang penasaran buka aja di www.ropeg-depkes.or.id

Oh ya registrasinya online, mulai 11 Oktober besok. So, don’t be late. Siapa tau di situ rezeki temen2. Goodluck



Jaga di RS Bhayangkara Brimob
September 16, 2009, 6:55 pm
Filed under: Case Reports | Tags: , ,

Yup… mulai bulan Agustus kemarin, aku mempunyai kesibukan baru, yaitu jaga di UGD RS Bhayangkara Brimob, Kelapa Dua. Bermula dari tawaran dr. Wanda (yang ternyata di sana lebih dikenal dengan nama dr. Bastian atau dr. Bas) untuk jaga di sana, akhirnya aku memutuskan untuk menghabiskan malam mingguku dengan jaga UGD.

Banyak sih kasus yang menarik (baca: membingungkanku) selama 1,5 bulan ini jaga. Cuma setiap kali pengin bercerita, pasti terbentur dengan alasan klise, “cape”, karena setelah jaga di sana aku harus langsung jaga lagi di Sudirman. Dan bisa ditebak, setelah selesai jam jaga di Sudirman, yang di otak hanya satu, “pulau kapuk” alias tidur.

Oke, mungkin ada beberapa kasus yang masih bisa kuingat. Sabtu lalu, tanggal 12 September 2009, terpaksa aku harus menandatangani 2 surat kematian. Yang pertama sih D.O.A alias meninggal ketika sampai di rumah sakit. Ini sih ga menarik untuk dibahas ya. Penyebab kematian diperkirakan karena gagal napas, entah karena apa. Yang jelas dia mempunyai riwayat sakit jantung dan sudah tidak sadarkan diri sejak +- 2 jam sebelum masuk rumah sakit, dan tragisnya dia terlambat dibawa ke rumah sakit karena tidak ada yang mengantarkannya. Semua sedang sibuk shalat Tharawih.

Kasus kedua, laki-laki 59 tahun, riwayat DM. Dia biasa berobat ke puskesmas dan mengkonsumsi obat hipoglikemik oral. Menurut penuturan istrinya, gulanya tidak pernah lebih dari 250an. Nah, malam itu sekitar pukul 20.00 kurang (sebelum aku datang), dia datang ke UGD dan ketika diperiksa kadar gulanya 400 sekian. Dia hanya mengeluhkan sakit kepala dan oleh dokter sebelumnya diberi vitamin dan analgesik. Mendadak sesampainya di rumah, dia menelpon rumah sakit karena mengeluh gelisah, dan dia ingin dirawat inap saja. Sekitar pukul 21.00 dia datang ke UGD, KU masih cukup baik, kesadaran compos mentis, T: 110/70, N: 88x/menit, RR: 24xmenit. Dia hanya mengeluhkan sakit kepalanya masih dan dia merasa  mual dan gelisah. Akhirnya kuputuskan untuk memberi infus NS dengan pertimbangan sesuai dengan komposisi cairan fisiologis dan tidak mengandung gula. Kuberikan obat H2-antagonis untuk mengurangi mual yang dirasakan. Setelah itu kukirim dia ke ruangan untuk rawat inap dengan instruksi supaya OHO diteruskan dan dia dicek kadar glukosanya 8 jam lagi. Oya, pasien menolak disuntik insulin.

Sejam setelahnya, perawat bangsal menelpon dan melaporkan bahwa tiba2 pasien gaduh gelisah, dan tidak kooperatif. Tensi sempat 90/60. Akhirnya pasien kumotivasi untuk tetap minum obat dan jangan pulang dulu. Tetapi pasien memberontak. Akhirnya setelah sekian lama merayu pasien, ada titik temu perundingan; pasien mau minum obat tetapi setelah itu dia minta pulang. Tetapi sebelum dia pulang, dia sempat mengatakan ingin BAB. Akhirnya kutinggal sebentar ke ruang perawat. Dan beberapa menit kemudian keluarga melaporkan pasien tidak bernapas, dan setelah kuperiksa ternyata memang plus.

Sedih juga, tidak bisa memberikan penanganan yang optimal, dan sulit rasanya menentukan penyebab kematian pasien ini. Koma hipoglikemi? Ketoasidosis? sepertinya tidak. Lalu kenapa?



Selamat atas penerimaan dokter PTT

Selamat kepada dr. Dwi Ris Santi, dr. Aswindar Adhi G., dr. Dwi Budhi S., dr Denny Ramdhan, dan dr. Pusparini Kusumajati atas penerimaan PTT Periode September 2009.

dr. Dwi Ris Santi akan ditugaskan di Kota Tual, Maluku (ST)

dr. Aswindar Adhi G. akan ditugaskan di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah

dr. Dwi Budhi Susanto akan ditugaskan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara

dr. Denny Ramdhan akan ditugaskan di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat

dr. Pusparini Kusumajati akan ditugaskan di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung

Semoga bisa membawa nama baik Unsoed dan membawa perubahan positif bagi kesehatan dan kesejahteraan warga. Amin



Karaokean di Metropolitan Mal

Jumat, 31 Juli 2009

Gila2an ber9 di metropolitan mall. Siapa aja ya? aku, Tatik, Dyah, Lona, Johan, Djazili, Anton, Heru sama Rahman. wkwkwk… masih pakai seragam coklat2. Kebetulan drive pas manggung di sana. Dan tentu saja si Lona kumat gilanya. Ditambah lagi si Anji pake lari2 muter2 naik eskalator segala terus nyalamin fansnya. Hampir pingsan tuh si Lontong saking histerisnya :D  Terus dilanjut deh dengan karaokean. 2 jam tereak2 ga jelas, nyanyi lagu2 mellow sampe yg ngebeat2..dan memang mereka orang2 gila yang mengasyikkan hahaha…

Nah pulang dari situ kebingungan deh. Buat yang rumahnya deket2 situ ga ada masalah sih. Cuma buat yang jauh2 kaya aku, bingung juga. Setauku bus bekasi yang kalideres itu nomornya 49, tapi kok Lona sama Heru ngomongnya 49 ya? ooh mungkin bekasi barat dan timur. Tau deh.. Akhirnya si Anton dan Djazili menemukan tambatan hatinya, yaitu bus yang menuju ke Priok, tinggal aku deh yang kebingungan. Untung mereka semua mau nemenin sampe bener2 dapet bis. Pertamanya sih dah putus asa karena mayasari 29 ga muncul2. Sempet sih nekad mau naik yang ke blok M aja, terus ntar pulangnya nyambung lagi. Tapi pas naik bus yang ke blok M, bus itu ngetem lama. Pas nanya2, ada bocoran kalo bus yang ke kalideres masih ada dan dah keluar dari terminal. Tinggal nunggu aja 20 menitan. Akhirnya aku memutuskan untuk nunggu bus yang ke kalideres aja, biar ga usah oper-oper lagi.

Tepat jm 20.30 datanglah kekasih yang dinanti2, mayasari 29. Amaaaann… thanx temen2. Walopun harus oper di grogol, tapi itu sudah termasuk wilayah aman yang aku sudah tau medannya. Cuma bayar 7000 rupiah harusnya bus itu nyampe ke kalideres. Cuma karena sudah malam, mungkin bus itu sudah pengin pulang garasi, jadi cuma sampai ke grogol.

Jadi buat temen2 yang mau bepergian dari arah kalideres, cengkareng atau grogol ke bekasi barat (giant, metropolitan mall dan sekitarnya), bisa naik mayasari 29. Kalo dari arah sebaliknya, bisa juga. Tapi ingat, jangan terlalu malam. Karena kalo ga salah, bus terakhir dari depan giant start pukul 21.00. OK met bersenang2



Ikut berdukacita kepada korban bom 17 Juli 2009
July 17, 2009, 6:18 pm
Filed under: National Issue | Tags: , ,

Huff! Bener2 keterlaluan ya para teroris! Indonesia sudah cukup aman beberapa tahun ini sampai ketika tiba2 bom meledak di Hotel JW Marriot, Ritz Carlton dan Angke. Ngeri juga, secara tiap pagi kalo berangkat kerja, pasti lewat depan halte Polda yang deket banget sama Ritz… Coba kalo tadi pagi berangkatnya telat 30 menit aja, ga kebayang deh udah jadi apa aku.. Thanks God… Bener2 keterlaluan ya.. mau apa sih sebenernya mereka itu? ga gentle amat. Kalo masa kecilnya kurang bahagia, sono main kembang api aja, jangan main bom. Ckckck… Tragis banget… Ikut berdukacita kepada korban bom 17 Juli 2009. Semoga arwah dan amal kebaikannya diterima di sisi-Nya. Buat para suicider, hanya Tuhan yang tahu apakah perbuatanmu itu martir atau bukan.



Peletakan batu pertama Adhyaksa Center
July 16, 2009, 6:18 pm
Filed under: My experience | Tags: , ,

Akhirnya…! (eh..atau awalnya ya?) Tanggal 16 Juli 2009 dilakukan peletakan batu pertama Adhyaksa Center di Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Adhyaksa Center merupakan pusat pelatihan dan pengembangan Kejaksaan Agung RI yang disitu akan terdiri dari Rumah Sakit Pusat Kesehatan Kejaksaan Agung RI dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Wana wisata serta Gedung Serba Guna. Diharapkan dengan dibangunnya Adhyaksa Center ini, kerja Kejaksaan akan semakin profesional dan penegakan hukum akan lebih pasti.

peletakan batu pertama

www.kejaksaan.go.id



Nomor telepon bus dan terminal
July 11, 2009, 4:57 pm
Filed under: Uncategorized | Tags: , , , , ,

BUS MALAM ANTAR KOTA:

  1. Bus DAMRI, Telp:
  2. Bus Sumber Alam, Telp: 0275-641018
  3. Bus Nusantara, www,nu3antara.com Telp: 08881666835,
  4. Bus Harapan Jaya, Telp: (0355)321620,321624,327575(Hunting)
  5. Bus Pahala Kencana, Telp: 021-8517888
  6. Bus Rosalia Indah, Telp: 0271 – 825173 (Hunting), (021) 8810087, 8808901
  7. Bus Kramat Djati, Telp: 022-6670034
  8. Bus Lorena, Telp : 021 – 6341166, 6338866 (Hunting)
  9. Bus Safari Dharma Raya, www,safaridharmaraya.com

BUS WISATA

JAKARTA:

  1. HIBA UTAMA, Telp: (021) 420-9628, 424-3626, 425-7707 (Kemayoran)
  2. WHITE HORSE, Telp. (021) 5853351
  3. BIG BIRD, Telp: (021) 798-0808, 798-9000, 798-9111 ext. 118, 119, 110
  4. CAKRAWALA, Telp: (021) 7065 6250 / 3373 7899
  5. SYMPHONI NUSANTARA, Telp: (021) 5655644, 5659613
  6. PAHALA TOURS, Telp: (021) 4517376, 4584 3646
  7. BLUE STARS, Telp: (021) 78 111 88 (hunting)

TERMINAL BUS (JAKARTA):

  1. Terminal Bus Pulo Gadung, Telp: 021-4893742
  2. Terminal Bus Kampung Rambutan, Telp: 021-8400062, 8400063
  3. Terminal Bus Lebak Bulus, Telp: 021-7509773
  4. Terminal Bus Kali Deres, Telp: 021-5445348
  5. Terminal Bus Blok M, Telp : (021) 7206744
  6. Terminal Bus Grogol, Telp: (021) 5672274
  7. Terminal Bus Pasar Minggu, Telp: (021) 7802804
  8. Terminal Bus Rawamangun, Telp: (021) 4897455
  9. Terminal Bus Senen, Telp: (021) 4211335
  10. Terminal Bus Tanjung Priok, Telp: (021) 43930178

TERMINAL BUS NON JAKARTA:

  1. Terminal Bus Terboyo, Semarang, Telp: (024) 6581924
  2. Terminal Bus Magelang, Telp: (0293) 362936
  3. Terminal Bus Kartasura, Solo, Telp: (0271) 784177
  4. Terminal Bus Cilacap, Telp: (0282) 543328
  5. Terminal Bus Cicaheum, Bandung, Telp: 022) 7208297
  6. Terminal Bus Leuwi Panjang, Bandung, Telp: (022) 5220769
  7. Terminal Bus Baranangsiang, Bandung, Telp: (0251) 318809
  8. Terminal Bus Arjosari, Malang, Telp: 0341) 411626
  9. Terminal Bus Bangkalan, Madura, Telp: (031) 3091643
  10. Terminal Bus Kertajaya, MojokertoTelp: (0321) 326627
  11. Terminal Bus Ubung, Bali, Telp: (0361) 420952
  12. Terminal Bus Ikan Paus,Medan,  Telp:(061) 8828199
  13. Terminal Bus Bungur Asih, Surabaya, Telp:

 http://www.infopublik.com/category/policehospitalambulancemedia/transportasitransportation/bus




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.